Metrik Kunci untuk Mengevaluasi Kinerja Kampanye Search Engine Marketing

 

Saat ini suatu bisnis membutuhkan nama baik agar bisnis bisa sukses di dunia online maupun offline. Sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan media digital sebagai pemasaran produk atau jasa, melalui media sosial, Jasa Iklan Online Jakarta, website, dan lainnya. 


Orang-orang yang mengunjungi situs website termasuk kedalam calon konsumen. Berinteraksi yang baik dengan calon konsumen atau konsumen merupakan hal utama untuk membangun nama baik bisnis Anda. Oleh karena itu, dengan kehadiran Search Engine Marketing (SEM) dapat membantu Anda untuk menjalankan sebuah pemasaran online. 


Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu strategi yang dapat Anda coba untuk mengiklankan bisnis Anda. Sebab, Search Engine Marketing (SEM) akan membantu Anda untuk memunculkan website secara cepat pada halaman pertama di sebuah mesin pencarian. Berbeda dari strategi Search Engine Optimization (SEO) yang membutuhkan waktu yang lama untuk memunculkan website Anda, tapi, SEM hanya membutuhkan waktu beberapa jam atau hari. 


Terus apa sih Search Engine Marketing (SEM)? Kenapa harus menggunakan SEM untuk melakukan pemasaran? 


Yuk simak artikel dibawah ini yang akan membantu Anda mengetahui lebih dalam tentang Search Engine Marketing (SEM)


Apa sih SEM (Search Engine Marketing)?


Search Engine Marketing merupakan salah satu strategi marketing berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas pada sebuah website di mesin hasil pencarian, seperti Yahoo, Google, dll. Bisa dibilang, SEM membantu Anda untuk menaikkan traffic pada website Anda. 


Mekanisme SEM memberikan bid dengan nominal tertentu agar dapat muncul di mesin pencarian untuk keyword atau kata kunci tertentu. Marketers yang menggunakan strategi SEM menganggap bahwa SEM sangat efektif digunakan sebagai alat pemasaran dan melakukan personalisasi terhadap profil target audience yang diinginkan. 


Banyak perusahaan di berbagai bidang yang menggunakan strategi SEM untuk beriklan. Hal tersebut dikarenakan biaya beriklan menggunakan SEM memiliki harga yang bervariatif, bahkan terbilang murah. Alasan lain mengapa perusahaan menggunakan strategi SEM karena dampak yang diberikan SEM lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan strategi SEO


Salah satu contoh dari Search Engine Marketing (SEM) adalah Pay Per Click (PPC) atau iklan bayar per-klik. Cara kerja SEM adalah ketika ada orang yang mengetik kata kunci yang mereka cari, maka website pengiklan akan muncul di mesin pencarian Google. Sehingga website tersebut dapat dilihat oleh calon konsumen dan mendapatkan impresi. Lalu pada tahap tersebut belum ada yang dikeluarkan oleh pengiklan. Karena, kebanyakan mesin pencarian menggunakan metode Pay Per Click (PPC) yang pengiklan baru akan membayar ketika terdapat visitor yang meng-klik website tersebut. Biasanya sering digunakan pada sebuah mesin pencari Google, karena Google memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Biasanya, website yang menggunakan SEM akan muncul di bagian atas atau bawah di halaman pencarian. Dan website tersebut dilengkapi dengan tulisan “Ads”atau “Iklan”.


Manfaat SEM (Search Engine Marketing)

  1. Dapat menentukan target audience

  2. Mendapatkan audience secara mudah

  3. Memiliki potensi untuk meningkatkan Convertion Rate

  4. Meningkatkan traffic website

  5. Tidak memakan biaya yang besar

  6. Mengelola iklan dengan cepat dan mudah


Cara Beriklan dengan Strategi SEM (Search Engine Marketing)

  1. Melakukan Riset Keyword

  2. Menentukan Keunikan pada Deskripsi Iklan SEM

  3. Menuliskan Penawaran Spesial

  4. Memberikan Kata Kunci Pilihan yang Tepat

  5. Memaksimalkan Kampanye dengan Riset Kata Kunci Ulang

  6. Menggunakan A/B Testing

Bagaimana viewers? Apakah Anda tertarik untuk melakukan iklan menggunakan SEM? Jika Iya, untuk mendapatkan informasi seputar Jasa Iklan Online Jakarta, Anda dapat menghubungi kami di 081294795042.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly