Transformasi Bisnis Melalui Digital Marketing: Panduan Lengkap untuk Meraih Keuntungan Optimal

 

Seiring berkembangnya teknologi, baik itu perusahaan kecil maupun besar membutuhkan strategi digital marketing untuk memperkenalkan brand secara luas, meningkatkan volume penjualan, meningkatkan brand awareness, dan masih banyak lagi. 


Menurut Jasa Iklan Google Jakarta, setelah Anda menentukan ide dan segmentasi pasar, maka Anda perlu menemukan strategi pemasaran digital yang tepat untuk menarik perhatian pelanggan potensial dan mengkonversinya. Pelaku usaha yang cerdas berfokus untuk memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan dan menghabiskan sebagian waktu mereka untuk berinteraksi secara langsung. 


Pada kesempatan kali ini, Jasa Iklan Google Jakarta akan membantu Anda untuk mengetahui strategi pemasaran digital secara lebih lanjut. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.


Pengertian Digital Marketing


Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan bantuan internet dengan menggunakan berbagai platform online, seperti media sosial, blog, website, dan lainnya untuk mengenalkan suatu brand atau melakukan promosi pada sebuah produk atau layanan. 


Bisa dibilang bahwa digital marketing dapat disebut sebagai “wadah” dari berbagai teknik pemasaran, kecuali teknik pemasaran tradisional. Penerapan strategi digital marketing sangat berdampak positif bagi perusahaan karena dinilai lebih cepat dan efektif. 


Strategi Digital Marketing


Strategi pemasaran digital yang efektif harus mencakup berbagai metode. Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.


  1. Social Media Marketing


Social media marketing merupakan strategi pemasaran digital yang dilakukan melalui platform media sosial. Biasanya perusahaan menggunakan platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter. 


Mengutip dari data yang diberikan oleh Data Reportal sebanyak 190 juta orang Indonesia merupakan pengguna media sosial yang aktif. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan strategi pemasaran ini untuk membantu meningkatkan volume penjualan. Karena kebanyakan pengguna media sosial akses melalui perangkat mobile. Maka dari itu, oleh karena itu, sesuaikan konten promosi Anda agar mobile friendly.


  1. Content Marketing


Content marketing merupakan strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan dan mendistribusikan konten yang menarik, berharga, dan relevan bagi audience. Jenis pemasaran konten termasuk blog, testimoni, video, dan masih banyak lagi. 


Tujuan content marketing adalah untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dalam waktu yang lama. Konten yang disajikan harus dijelaskan secara jelas, informatif, dan detail. Keuntungan menggunakan strategi tersebut adalah membantu memperbaiki kualitas SEO, meningkatkan brand awareness, menaikkan traffic, dan lainnya.


  1. Email Marketing


Email marketing merupakan bentuk pemasaran menggunakan media email yang dapat membuat pelanggan di daftar email Anda mengetahui diskon, produk baru, dan layanan lainnya. Jika dimanfaatkan dengan benar, maka strategi ini dapat membantu Anda membangun relasi yang baik dengan pelanggan. 


Email marketing merupakan jenis pemasaran yang menghasilkan ROI tertinggi. Keunggulan dari jenis pemasaran ini adalah tidak mengeluarkan biaya yang mahal, mudah dijangkau oleh berbagai perangkat, memiliki jangkauan yang luas, dan lainnya.


  1. Google My Business

Google My Business adalah platform gratis yang diluncurkan oleh Google untuk mengelola tampilan bisnis muncul di halaman mesin pencarian Google dan Google Maps. Tujuannya untuk memberikan informasi kepada calon konsumen atau pelanggan Anda mengenai informasi bisnis yang ingin mereka dapatkan melalui sebuah mesin pencari. 

Beberapa informasi yang akan ditampilkan pada tools ini mencakup, alamat, website, review, jam operasional, dan lainnya. Anda dapat memaksimalkan manfaat Google My Business untuk mempromosikan lokasi usaha sebagai salah satu bentuk strategi digital marketing yang akan mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

Google My Business dapat menjadi pilihan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan sekaligus memperkuat bisnis yang sedang Anda jalankan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memanfaatkan strategi digital marketing, Anda bisa menggunakan bantuan jasa dari Jasa Iklan Google Jakarta, Anda dapat menghubungi TheConversion melalui nomor berikut ini 081294795042. Sampai disini dulu ya artikel pembahasan kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly