Ketahui Dahulu Kelebihan Dan Kekurangan Dari Tiap Control Panel

 



Control panel hosting adalah sebuah software yang ditujukan untuk mempermudah dalam mengelola, mengatur, mengoperasikan, serta menjalankan segala kebutuhan website. Control panel hosting juga dapat disebut sebagai sistem pengaturan hosting web yang dapat memudahkan dalam hal pengelolaan semua layanan hosting web dalam satu tempat. Dengan control panel biasanya tugas yang lebih rumit akan lebih mudah diatur oleh developer dan pengguna umum. Control panel hosting menyediakan berbagai hal seperti navigasi, tombol, tautan, dan grafik yang diperlukan untuk membuat hosting dan manajemen file lebih mudah dimengerti. Menurut Digital Agency Jakarta, tiap control panel memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh karena itu, kali ini akan membahas mengenai macam-macam control panel disertai dengan kelebihan dan kekurangannya.


Berikut merupakan penjelasan singkat yang mencakup kelebihan dan kekurangan dari masing-masing control panel:


cPanel



Panel ini merupakan salah satu control paling terpopuler namun hanya tersdia untuk OS Linux. Panel ini memiliki banyak fitur berbeda yang semuanya berada dalam satu halaman dan semua fiturnya memiliki deskripsi singkat yang berisi penjelasan dari fungsi fitur rersebut. Panel ini juga disesuaikan dengan pemula maupun developer.


Kelebihan dari panel ini yaitu mudah dipelajari dan digunakan karena memiliki tampilan yang sederhana bagi pemula, terdapat bantuan dengan pelayanan yang relative cepat, dapat menginstal berbagai aplikasi karena sudah terintegrasi dengan Softaculous App Installer, serta kompatibel untuk berbagai distro Linux. Sedangkan, kekurangan dari panel ini yaitu harga lisensinya cukup mahal, perlu untuk diupdate secara berkala agar dapat menjamin keamanan, serta terdapat risiko kehilangan data atau terjadinya data error.


Plesk



Panel ini cukup populer khususnya di antara penyedia hosting Eropa. Panel ini tersedia untuk Windows dan Linux sehingga panel ini dianggap special. Salah satu fitur terbaiknya adalah terdapat tool otomatisasi yang beragam. Dengan tool ini, dapat membantu anda untuk menghemat waktu sehingga dapat fokus pada pengembangan situs web dan tidak perlu khawatir mengenai pemeliharaan server.


Kelebihan dari panel ini yaitu tersedia untuk Windows dan OS Linux, tampilannya ramah bagi pemula sehingga mudah digunakan, terdapat tim support dengan respon yang cepat, serta terdapat dokumentasi lengkap disertai dengan komunitas yang relative besar. Sedangkan, kekurangannya adalah memiliki biaya yang cukup mahal untuk lisensi, dan membutuhkan resource yang lebih banyak dibandingkan dengan control panel lain.


Webuzo



Panel ini merupakan control panel khusus OS Linux yang multi user dan mudah digunakan sehingga banyak digunakan oleh user dari seluruh dunia. Panel ini disebut multi user karena memiliki 3 access level seperti admin, reseller, dan user.


Kelebihan panel ini yaitu tersedia untuk berbagai versi distro Linux, mudah digunakan, serta lebhin cepat dalam mengakses control panel karena tidak perlu menggunakan banyak resource. Sedangkan, kekurangan panel ini adalah dokumentasinya kurang lengkap dan tidak tersedia untuk OS Windows.


Cyberpanel



Panel ini adalah panel khusus OS Linux yang bisa digunakan oleh anda secara gratis. Walaupun gratis, panel ini memiliki kelebihan yang tidak kalah bagus dengan yang berbayar.


Kelebihan panel ini adalah tersedia lama versi gratis, memiliki fitur yang lengkap, serta memiliki performa yang baik. Sedangkan, kekurangan panel ini adalah memiliki tampilan yang kurang ramah pemula jika dibandingkan dengan Plesk dan cPanel, serta bantuannya terbatas pada forum dan aplikasi pesan bernama Slack.


Sekian penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari setiap control panel. Semua panel yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang menjadi ciri khasnya. Walaupun begitu, semua panel ini dapat membantu anda untuk mempermudah dan mempercepat pengelolaan hosting anda. Dengan adanya penjelasan ini diharapkan akan memudahkan anda untuk menentukan panel yang ingin anda gunakan. Jika Anda tertarik menggunakan digital marketing, Anda dapat menghubungi kami selaku Digital Agency Jakarta dengan menghubungi 081294795042 atau dengan mengunjungi laman kami di https://theconversion.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly