Sangat Rahasia! Inilah Tips Menarik Hati Pelanggan Dengan Storytelling

 


Setiap bisnis pasti masing-masing memiliki strategi pemasaran yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan market mereka. Dengan persaingan yang semakin ketat ini, semua pebisnis saling berkomunikasi untuk dapat menarik hati pelanggan. Dalam hal ini, strategi perang harga menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan padahal aka nada beberapa sektor pada bisnis yang harus dikorbankan jika menggunakannya. Oleh karena itu, menurut Digital Agency Jakarta, anda dapat menggunakan strategi lain seperti storytelling. 


Pengertian Storytelling


6 Cara membuat brand storytelling yang menarik dan autentik



Storytelling dalam bisnis dapat diartikan sebagai sebuah metode untuk menyampaikan pesan dan informasi dengan lebih menarik yang bertujuan untuk mengubah perasaan audiens. Storytelling dapat membuat para pelanggan seolah ikut dalam alur cerita dengan menerapkan strategi soft selling sehingga mereka tidak akan merasa bosan. Kelebihan dari storytelling ini adalah anda dapat memicu emosi dari para pelanggan sehingga brand anda dapat diingat oleh para pelanggan.


Teknik Storytelling


Setelah mengetahui pengertian dari storytelling, alangkah baiknya jika anda juga mengetahui teknik-teknik untuk melakukannya. Berikut beberapa teknik storytelling yang dapat anda terapkan:


Sparkline

Hal ini mencakup teknik storytelling dengan menceritakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya para copywriter akan melakukan analisis dahulu mengenai masalah apa saja yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, copywriter akan membuat alur storynya sampai masalah terselesaikan. Dengan teknik ini, maka akan dapat membawa emosi dari para pembaca dan dapat memberi solusinya dengan produk atau layanan yang anda tawarkan.


Start False

Dalam teknik ini akan dimulai storytelling dari sebuah cerita kegagalan. Dari kegagalan itu selanjutnya akan ditemukan solusi terhadap permasalahan yang akan dihadapi. Oleh karena itu, car aini cocok untuk memberikan semangat bagi orang yang mengalami kegagalan.


Monomyth

Teknik ini menggunakan cerita perjalanan para pahlawan sehingga cocok untuk menceritakan pengalaman seseorang yang dapat dijadikan sebagai inspirasi kesuksesannya.


Tips Menarik Hati Pelanggan Dengan Storytelling


Cara Efektif Menarik Pelanggan - ReviewKita - Kumpulan Artikel Tentang  Bisnis Online, Optimasi Sosial Media dan Online Marketing serta Review  Produk Digital dan Review Produk Indonesia


Berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membangun storytelling yang tepat dalam bisnis.


1. Gunakan Nama Yang Tepat

Pemilihan nama bisnis merupakan suatu hal yang penting karena akan menjadi identitas bagi bisnis anda. Pilihlah nama yang dapat menggambarkan bisnis anda dan hindari penggunaan nama yang terlalu rumit dan tidak berhubungan dengan bisnis anda. Nama yang dipilih hendaknya dapat menyimpan arti atau cerita tersendiri sehingga dapat membuat pelanggan penasaran dan akan membuat nama anda lebih diingat dibandingkan dengan kompetitor.


2. Gunakan Gaya Cerita Yang Menarik

Pelanggan umumnya tidak hanya tertarik pada fakta yang diceritakan secara informatif karena hal itu sangatlah membosankan. Anda harus dapat mengemas sebuah cerita agar menjadi cerita yang menarik sehingga pelanggan tertarik untuk membacanya.


3. Berikan Kepuasan Untuk Pelanggan

Pelanggan merupakan suatu pihak yang sangat berperan penting dalam kemajuan bisnis. Setiap pelanggan yang puas pastinya akan menjadi pelanggan tetap. Jika pelanggan sudah puas dengan produk anda maka anda tidak perlu memusingkan cara untuk menciptakan storytelling yang rumit.


4. Masukkan Unsur Personal

Anda dapat memasukkan unsur personal seperti memasukkan unsur latar suasana yang relevan dengan keadaan pelanggan seperti hari ulang tahun pelanggan maupun hari belanja nasional.


5. HIndari Penggunaan Fake Claim

Dalam menyampaikan sesuatu jangan terkesan dilebih-lebihkan karena hal tersebut dapat menjadi boomerang dalam bisnis anda.


6. Urutkan Iklan Agar Jadi Sebuah Cerita

Teknik ini cocok digunakan jika anda ingin menjalankannya dalam jangka panjang misalnya dalam 1 tahun. Anda dapat membuat storytelling dengan menerapkan iklan yang saling berhubungan.


7. Manfaatkan Website dan Media Sosial

Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana interaksi dengan konsumen sehingga akan membuatnya menjadi efektif. Selain itu, anda dapat mengelola calon konsumen yang datang dari mesin pencari dengan cara membuat website perusahaan yang dilengkapi dengan nama domain anda sendiri. 


Contoh Story Telling Produk | Seni Jualan Pake Cerita #1


Itulah beberapa penjelasan terkait dengan storytelling bisnis yang anda wajib ketahui. Anda sudah mengetahui tips untuk melakukan storytelling dengan baik sehingga anda dapat menerapkannya dalam bisnis anda. Semoga bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang seperti yang anda harapkan. Jika anda membutuhkan info lanjut terkait hal ini, anda dapat menghubungi Digital Agency Jakarta dengan mengunjungi laman kami di https://theconversion.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly