Lakukan Marketing Mix 7P Untuk Bisnis Kamu

 



Digital Agency JakartaDalam menjalankan bisnis, pastinya membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk memperkenalkan produk atau layanan yang ditawarkan. Teknik pemasaran yang dilakukan pun harus dipahami dengan benar agar dapat menjangkau calon konsumen sesuai dengan target yang diinginkan. Salah satu strategi pemasaran yang populer saat ini adalah marketing mix. Marketing mix merupakan strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam bisnis dengan cara meyakinkan target pasar untuk membeli produk atau layanan dalam bisnis anda.


Pengertian Marketing Mix 7P


Inilah 7 Teknik Marketing Mix yang Perlu Anda Implementasikan -


Marketing mix merujuk pada suatu kumpulan beberapa aspek marketing yang banyak digunakan oleh para pebisnis di seluruh dunia guna untuk menciptakan bisnis yang efisien dan efektif. Marketing mix dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis hingga mencapai tujuan perusahaan. Awalnya marketing mix terdiri dari 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Selanjutnya hal itu berkembang menjadi 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process. Dengan dibuatnya marketing mix 7P ini dapat digunakan sebagai alat analisis kondisi pasar secara mendalam serta untuk memenuhi kebutuhan hingga kepuasan customer yang mengacu pada lingkungan eksternal dan internal.


Konsep Marketing Mix 7P


Agar anda dapat memahami lebih lanjut mengenai marketing mix 7P, berikut merupakan penjelasan lengkap dari poin-poin seperti Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process.

Marketing Mix 7P+STP – Chocotemp


1.Product 

Dalam konteks ini, produk tidak hanya berupa barang fisik saja melainkan juga terdapat dalam bentuk jasa yang berguna untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Produk yang ditawarkan haruslah berkualitas dan unik serta harus sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga dapat memuaskan pelanggan.


2. Price

Harga yang dimaksud adalah berapa jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Harga berperan sangat penting dalam hal ini karena konsumen akan mempertimbangkan harga dahulu sebelum membeli produk anda. Mereka akan mempertimbangkan apakah worth it untuk dibeli dan manfaat apa yang akan didapatkan ketika membeli produk tersebut.


3. Place

Ketika ingin melakukan penawaran produk, tentunya tempat yang dipilih pun harus sesuai agar dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen. Anda bisa memilih lokasi yang strategis dan berpotensi untuk dapat meningkatkan penjualan.


4. Promotion

Promotion merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena berguna dalam hal memperkenalkan, memberikan informasi, serta membuat konsumen tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Dalam melakukan promosi, anda harus mempertimbangkan berbagai perspektif seperti dari segi biaya serta media yang akan digunakan.


5. People

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset terpenting dalam bisnis sehingga harus dipilih dengan bijak karena jika salah dalam memilih SDM tentunya akan membawa dampak negatif bagi bisnis anda.


6. Physical Evidence

Hal ini diperlukan untuk dapat meyakinkan konsumen agar mau membeli produk anda. Hal ini dikarenakan umumnya saat pertama kali konsumen mengenal produk anda pasti mereka akan memperhatikan tampilan kemasannya terlebih dahulu. Oleh karena itu, buatlah tampilan fisik yang menarik sehingga dapat berpengaruh positif bagi penjualan anda.


7. Process

Proses merujuk pada bagaimana alur maupun mekanisme perusahaan dalam memberikan produk atau layanannya mulai dari mengenal produk hingga sampai melakukan pembelian.


Strategi Marketing Mix 7P

Setelah anda sudah mengetahui penjelasan dari tiap poin-poinnya, selanjutnya akan dijelaskan mengenai strategi apa yang harus diterapkan agar marketing mix 7P berjalan dengan efektif.

a. Membuat produk berkualitas namun dengan harga terjangkau

b. Menentukan lokasi bisnis yang strategis

c. Membuat promosi yang sesuai

d. Mengelola karyawan secara tepat


Nah, itu dia penjelasan marketing mix 7P yang perlu anda ketahui sebagai pebisnis. Semoga dengan memahami penjelasan di atas dapat berguna bagi anda untuk menambah pengetahuan dan dapat membantu untuk mengembangkan bisnis anda. Jika anda tertarik untuk mengetahui info lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami selaku Digital Agency Jakarta dengan mengunjungi laman kami di https://theconversion.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly