Manakah yang Kamu Pilih? SEM atau SEO ??

 



Percaya atau Tidak ! SEO dan SEM Sangat Membantu Digital Marketing dalam  Proses Bisnis | E-Office, Sistem Persuratan Digital, Aplikasi Persuratan  Elektronik, Aplikasi Document Management, IT Audit, IT Master Plan, eOffice


Semakin berkembangnya zaman, tentunya perkembangan teknologi semakin canggih. Saat ini sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan media digital menggunakan website, blog, media sosial,Digital Marketing Depok, dan masih banyak lagi.


Terdapat berbagai opsi teknik digital marketing yang dapat Anda gunakan. SEO Organik atau Search Engine Optimization adalah salah satunya. Selain itu, terdapat pilihan teknik yang tidak kalah populer, yaitu Search Engine Marketing (SEM) Pay Per Click (PPC).


Kedua teknik tersebut sama-sama memanfaatkan mesin pencari Google. SEO merupakan aktivitas optimasi yang mendorong visibilitas website secara organik. Melalui SEO, website dapat memiliki posisi tertinggi pada Search Engine Page Result (SERP). Sedangkan SEM Pay Per Click merupakan upaya peningkatan visibilitas website melalui iklan di Search Engine.


Perbedaan SEO Organik vs SEM Pay Per Click


Terdapat lima perbedaan krusial yang perlu Anda ketahui yang berkaitan dengan SEO Organik vs SEM Pay Per Click, yaitu:


  1. Biaya

Anda akan mengetahui perbedaan krusial antara SEO dengan SEM dari segi biaya. Anda dapat menjalankan SEO secara gratis. Apalagi kalau Anda dapat mengalokasikan waktu untuk dapat mempraktikkan optimasi website secara gratis. Di sisi lain, SEM mengharuskan Anda mengeluarkan biaya. Besaran biaya yang Anda keluarkan bergantung pada jumlah klik yang Anda jalankan.


  1. Hasil

SEM memberikan keuntungan yang instan, Anda dapat merasakan dampak yang lebih terhadap peningkatan traffic atau menambahkan penjualan ketika setelah melakukan pemasangan iklan. Lain halnya dengan menggunakan SEO. Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat memperoleh dampak dari penerapan SEO.


  1. Promosi

SEM memberikan keuntungan ketika Anda melakukan A/B Testing. Alasannya karena Anda dapat membandingkan hasil dari setiap pengaturan yang Anda lakukan. Hal tersebut tidak akan Anda dapatkan kalau Anda menggunakan SEO, karena SEO memerlukan waktu yang cukup lama untuk memperoleh hasil.


  1. Tempat Muncul Website

Dalam SERP, Anda dapat dengan mudah mengetahui website yang muncul dengan memanfaatkan SEO dan SEM. Iklan di Search Engine akan muncul di bagian paling atas SERP, disertai dengan tag ads. Selanjutnya, website yang menggunakan SEO akan muncul di bagian bawah dari iklan Search Engine.


  1. Visibilitas

Kalau Anda menerapkan SEO dengan baik dan tepat maka website akan memperoleh visibilitas yang tinggi di Google dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan, visibilitas SEM bergantung kepada anggaran biaya iklan yang harus Anda persiapkan. Jika dana iklan Anda habis, maka Anda tidak akan memperoleh visibilitas.


Bagaimana Digital Marketing Dapat Membantu Bisnis Kamu di Masa Pandemi -  Maucash

Demikian informasi yang kami berikan. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui perbedaan SEM Pay Per Click dan SEO Organik dalam digital marketing. Apakah Anda tertarik menggunakan Digital Marketing Depok? Jika iya, Anda bisa mengunjungi website kami di https://theconversion.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly