Jasa Iklan Google Jakarta - Apa Yang Disebut Dengan Customer Journey?


Menurut Jasa Iklan Google Jakarta customer journey merupakan gambaran langkah yang berurutan dan melakukan interaksi melalui pelanggan dengan perusahaan, baik dalam bentuk produk atau layanan yang mereka pasarkan.


Customer Journey: Pengertian dan Cara Penerapannya - Accurate Online
Jasa Iklan Google Jakarta


Apakah Anda setuju dengan kalimat “pembeli adalah raja” dan raja harus mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tetapi masih ada bisnis yang tidak tahu apa yang sebenarnya konsumen inginkan. Hal tersebut membuat konsumen pergi ke kompetitor yang memperlakukan mereka seperti raja.


Customer journey yang baik dapat menciptakan customer experience yang baik dan akan membentuk pelanggan yang setia. Sebenarnya apa sih customer journey itu? Yuk simak uraian di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.


Pengertian Customer Journey


Customer journey merupakan perjalanan konsumen saat melakukan interaksi dengan bisnis Anda. Mulai dari saat konsumen pertama kali mengenal brand Anda, melihat produk apa saja yang dijual, melakukan pembelian, hingga apa yang mereka lakukan saat transaksi selesai.


Dapat dikatakan bahwa memahami customer journey itu sama dengan memahami pola pikir konsumen Anda. Umumnya customer journey berkaitan dengan peta perjalanan pelanggan atau customer journey map. 


Customer journey map merupakan ilustrasi visual perjalanan pelanggan secara lengkap dengan sebuah perusahaan atau organisasi. Dalam offline advertising seorang marketer sulit untuk mengetahui customer journey. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan informasi dari mana audience mengetahui keberadaan toko tersebut dan mengapa mereka ada di sana.


Untuk data online advertising seorang marketer dapat bertanya langsung kepada konsumen melalui survei, menggunakan tools analytics seperti Google Analytics, atau melakukan riset di media sosial.


Tahapan-Tahapan Customer Journey


  • Brand Awareness

  • Membandingkan Produk atau Layanan

  • Memutuskan untuk Membeli Produk atau Layanan

  • Tahap Instalasi atau Penggunaan Produk atau Layanan


Langkah-Langkah Membuat Customer Journey Map


  • Buatlah Buyer Persona

  • Memilih Persona Sesuai Bisnis Anda

  • Menjabarkan Semua Touchpoint

  • Menentukan Apa yang Ingin Customer Journey Map Tunjukkan

  • Mencoba Jalani Customer Journey Anda Sendiri

  • Membuat Perubahan yang Diperlukan

  • Selalu Mengembangkan Customer Journey Map


Apakah Customer Journey Penting?


Tentu saja customer journey merupakan aspek terpenting dalam sebuah bisnis. Dengan membuat customer journey map, Anda dapat mengetahui pola pikir konsumen secara detail sehingga tahu apa yang harus dilakukan agar interaksi dengan konsumen berjalan dengan baik


Tahukah Anda bahwa customer journey merupakan langkah kecil untuk membantu menyuksekan bisnis online Anda? Terdapat strategi kiat sukses bisnis online yang dapat Anda terapkan lho… Salah satunya dengan menggunakan bantuan jasa Jasa Iklan Google Jakarta.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu customer journey. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca. Jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis dan ingin menggunakan Jasa Iklan Google Jakarta terpercaya seperti The Conversion. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di nomor 081294795042.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly