Digital Agency Depok - Apa Itu Tagline?



Digital Agency Depok - Di dalam era digital marketing seperti saat ini, setiap produk dan usaha harus dituntut untuk terus mampu menunjukkan dirinya melebihi competitor lainnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan tagline yang menarik. Lalu, ap aitu tagline? Yuk simak artikel ini bersama Theconversion salah satu digital agency Jakarta.

Digital Agency Depok



Tagline adalah kalimat singkat seperti seruan atau ucapan yang mewakili suatu brand. Menurut KBBI, tagline dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan juga sebagai “slogan” yang berarti perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Penggunaan tagline itu sendiri bertujuan untuk mendeskripsikan brand hingga menarik audiens atau konsumen yang dituju oleh suatu bisnis. Terdapat banyak sekali tagline yang terbukti menjadi jati diri dari brand tersebut. Beberapa contohnya adalah “Just Do It” dari Nike, “Connecting People” dari Nokia, atau “I’m Lovin’ It” dari McDonalds. 


Manfaat Tagline untuk Branding Bisnis


Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu menggunakan tagline untuk membangun brand image dari bisnismu, yaitu


  1. Menonjolkan keunggulan brand

Tagline.yang menarik akan membantui audiens dan konsumen mengetahui apa Unique Selling Point (USP) yang dimiliki bisnismu jika dibandingkan dengan bisnis lain.


  1. Memperkuat identitas brand

Dapat membangun ikatan emosional antara brand dengan audiens melalui tagline. Contohnya adalah brand kecantikan L’Oreal yang menggunakan tagline “Because You’re Worth It” untuk meningkatkan kesadaran bahwa para konsumen itu berharga sehingga mereka tidak perlu merasa rendah diri.


  1. Mewakili visi dan misi bisnis

Visi dan misi merupakan faktor penting untuk sebuah bisnis. Karena iti, tagline yang baik seharusnya memiliki manfaat untuk menggambarkan bagaimana visi dan misi bisnis yang sedang berjalan.


  1. Meningkatkan brand awareness

Hal ini dapat ditingkatkan oleh brand jika kamu menggunakan tagline untuk bisnis. Contohnya “Aku dan kau suka Dancow” dari produk susu Dancow. Penggunaan tagline ini membuat Dancow dikenal sebagai suatu brand susu sapi  yang disukai di Indonesia.


Jenis-Jenis Tagline


Tagline juga mempunyai klasifikasinya masing-masing, yaitu


  1. Tagline deskriptif


Sebuah tagline yang bentuknya memberikan penjelasan produk sekaligus mengandung unsur keunggulan dalam servis dan janji-janji yang membuat public percaya keunggulan brand tersebut.


  1. Tagline spesifik


Tagline ini akan mempromosikan slogan dengan keunggulan utama brand-nya. Ini akan memunculkan image bahwa brand tersebutlah yang paling unggul diantara competitor-kompetitornya.


  1. Tagline superlative 


Tidak berbeda jauh dengan tagline spesifik, tagline superlative akan memiliki unsur-unsur penegasan sehingga lebih provokatif. Contohnya, “Semakin di Depan” milik Yamaha atau “Jelas Lebih Enak” milik Kapal Api.


  1. Tagline provokatif


Tagline provokatif berisikan ajakan atau tantangan yang memancing logika serta emosi. Beberapa tagline provokatif juga memasukkan tanda tanya di akhir taglonenya. Contoh “Orang Pintar Minum Tolak Angin” milik Tolak Angin.


Nah di atas merupakan penjelasan mengenai tagline, beberapa contoh dan manfaatnya. Jika anda tertarik menggunakan tagline untuk bisnis anda, hubungi kami salah satu Digital Agency Depok dan digital agency Depok melalui Whatsapp 081294795042.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly