Digital Agency Kalimantan - Bagaimana Peran Digital Marketing Untuk UMKM? Ini Alasannya!

  

Pandemi Covid-19 merupakan peristiwa menyebarnya penyakit disebabkan oleh virus corona yang telah melanda berbagai negara dan telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Aknolt Kristian Pakpahan menyebutkan ada tiga dampak terhadap Indonesia terkait pandemi COVID-19, yakni sektaor pariwisata, perdagangan, dan investasi. Indonesia yang didominasi oleh keberadaan UMKM sebagai penopang perekonomian nasional juga terkena imbas yang cukup parah tidak hanya dari segi total produksi dan nilai perdagangan, tetapi juga pada jumlah tenaga kerja yang harus kehilangan pekerjaannya karena pandemi ini (Pakpahan, 2020). Menurut  hasil Survei Pelaku Usaha yang dilakukan Badan Pusat Statistik pada bulan Juli 2020, 84,20 % UMKM telah mengalami penurunan pendapatan (Badan Pusat Statistik, 2020). Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, terdapat 37.000 usaha kecil dan menengah mengatakan mereka sangat terpengaruh oleh pandemi ini, angka yang ditandai dengan sekitar 56% melaporkan penurunan penjualan , 22% melaporkan masalah pendanaan , 15% melaporkan masalah dalam pendistribusian barang, dan 4 % melaporkan kesulitan dalam mendapatkan bahan baku (Pakpahan, 2020). Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar melakukan UMKM dengan menggunakan digital marketing. Hal ini juga didukung hasil studi oleh Hardilawati (2020) mengenai dampak adanya pandemi Covid-19 terhadap UMKM yang menjelaskan bahwa UMKM direkomendasikan melakukan perdagangan melalui e-commerce dan melakukan pemasaran secara digital dan/atau menggunakan Digital Agency Kalimantan untuk dapat bertahan di masa pandemi.

Digital Agency Kalimantan


Istilah pemasaran digital (digital marketing) telah berkembang dari awalnya kegiatan pemasaran barang dan jasa yang menggunakan saluran digital untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang proses memperoleh konsumen, membangun preferensi konsumen, mempromosikan merek, memelihara konsumen, dan meningkatkan penjualan. Pemasaran digital adalah pendekatan baru untuk pemasaran, bukan hanya pemasaran tradisional yang berfokus pada elemen digital. Pemasaran digital memiliki karakteristik dan dinamika tersendiri yang perlu dipahami agar dapat memilih taktik dan strategi pemasaran yang efektif. Pemanfaatan digital marketing memberikan harapan baru bagi UMKM untuk dapat bertahan di tengah pandemi dan menjadi pusat kekuatan ekonomi, seiring dengan era digital yang tak terhindarkan. Mengembangkan media promosi online dengan bermitra dengan layanan pembelian dalam aplikasi.

Situasi pandemi COVID-19 menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pemerintah untuk tetap menghidupkan UMKM. Pada saat inilah peran Negara sangat penting melalui berbagai kebijakan untuk menyelamatkan pertumbuhan ekonomi. Konsisten dengan tujuan pemberdayaan ekonomi masyarakat , kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah menjadikan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Solusi jangka pendek yang telah dilakukan Pemerintah yaitu dengan adanya program Pemulihan Ekonomi Nasional, yang digagas pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 Mei 2020. Program PEN bertujuan untuk menggerakkan perekonomian, melindungi, menopang dan meningkatkan kelangsungan ekonomi sektor usaha, baik di sektor riil maupun keuangan, termasuk termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Untuk mendukung UMKM, dua instansi pemerintah yang berhubungan langsung dengan UMKM, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa strategi untuk membantu UMKM. KemenkopUKM telah memberikan setidaknya tiga insentif kepada UMKM selama pandemi ini untuk menjaga kelangsungan usaha UMKM, yaitu:

1.       Keringanan pembayaran pinjaman

2.       Pembebasan pajak enam bulan untuk UMKM

3.       Bantuan tunai kepada perusahaan kecil.

Sedangkan untuk program jangka panjang, itu adalah kebijakan struktural untuk kepentingan jangka panjang . Kebijakan ini digunakan tidak hanya dalam menanggapi pandemi COVID19 tetapi juga di era Industri 4.0 ke depan. Meliputi kebijakan jangka pendek untuk UMKM, khususnya pengenalan teknologi digital dan pelatihan bagi pelaku dan pekerja UMKM, serta kebijakan jangka panjang bagi UMKM untuk menyesuaikan penggunaannya Menggunakan teknologi untuk proses produksi, menggunakan media digital untuk mempromosikan produk UMKM, dan menemukan pasar potensial untuk produk. Pemerintah dapat memulai dengan menetapkan roadmap pengembangan UMKM dalam konteks Industri 4.0, dimulai dengan melatih kembali pekerja UMKM untuk beradaptasi dengan penggunaan manufaktur baru dan teknologi digital. desa, program kebangkitan dunia kerjasama dengan perusahaan besar danUMKM. Kebijakan struktural ini dimaksudkan untuk mendukung penguatan UMKM sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM di era Industri 4.0. Untuk UMKM yang membutuhkan Digital Agency Kalimantan, bisa menghubungi kami lebih lanjut melalui Whatsapp 081294795042.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly