Apa Bedanya? Digital Marketing Dan Iklan Konvensional??
Akibat adanya pengaruh teknologi yang semakin canggih membuat pelaku bisnis mengganti strateginya yang awalnya menggunakan traditional marketing beralih ke strategi digital marketing. Menggunakan digital marketing dapat membantu Anda untuk melakukan pemasaran produk melalui jaringan internet dan menggunakan platform media sosial, Jasa Iklan Online Jakarta, Website, dan masih banyak lagi.
Jasa Iklan Online Jakarta |
Masih bingung apa perbedaan digital marketing dan traditional marketing? Bingung memilih strategi yang mana? Yuk simak perbedaan digital marketing dan traditional marketing yang akan kami bahas di bawah ini.
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing membantu Anda untuk melakukan promosi atau pemasaran melalui media digital. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan digital marketing sebagai strategi yang akan digunakan untuk memasarkan produk atau layanan mereka. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam teknik digital marketing adalah media sosial, situs website, blog, email marketing, iklan online, dan lain-lainnya sebagai alat untuk komunikasi pemasaran. Kelebihan menggunakan strategi tersebut adalah iklan yang disampaikan akan langsung muncul kepada target audiens yang ditentukan. Pemasar lebih mudah menghitung seberapa akurat media yang digunakan dalam memasarkan produk. Kelebihan lainnya, menggunakan strategi digital marketing menawarkan biaya yang lebih murah dan terjangkau, lebih mudah untuk bersaing, terdapat interaksi langsung pada calon konsumen, dan mempercepat proses penjualan.
Pengertian Traditional Marketing
Pemasaran tradisional kegiatan pemasaran yang dilakukan secara konvensional atau adat tradisional untuk melakukan pemasaran, seperti papan reklame, surat kabar, majalah, radio, brosur, dan televisi. Aspek utama dalam pemasaran tradisional adalah dengan melakukan teknik pemasaran 4P (Product, Price, Promotion, and Place). Menggunakan pemasaran tradisional tentunya juga memiliki keunggulan tersendiri, seperti cakupan target yang luas dan mudah dipahami oleh audiens, lebih berkesan bagi calon konsumen, menjangkau audiens lokal dengan mudah, dan bersifat permanen. Jika dilakukan dengan tepat dan kreatif, menggunakan tradisional marketing bisa lebih unggul daripada menggunakan strategi digital marketing.
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan
Produk yang Akan Dipasarkan
Sebelum Anda melakukan pemasaran, terlebih dahulu Anda harus mengetahui produk atau layanan secara detail sebelum produk atau layanan dipasarkan.
Memilih Target Pasar
Setelah memahami produk atau layanan yang dipasarkan, Anda juga harus mengetahui dan memahami target pasar yang sesuai untuk produk Anda. Tentukan demografi yang tepat untuk calon konsumen produk atau layanan yang akan Anda pasarkan.
Biaya
Melakukan perhitungan untuk menentukan media apa yang paling efektif dalam melakukan pemasaran yang sesuai dengan produk atau layanan Anda. Biasanya, menggunakan teknik traditional marketing akan memakan biaya yang lebih besar dibandingkan menggunakan strategi digital marketing.
Perilaku Konsumen
Faktor perilaku konsumen dapat Anda ketahui melalui internet dan melihat kebiasaan, hobi, preferensi gaya hidup konsumen untuk mengetahui apakah produk atau layanan yang Anda pasarkan harus dikembangkan atau tidak.
Jasa Iklan Online Jakarta |
Kesimpulan
Untuk mengakhiri diskusi kali ini, dapat kita katakan bahwa digital marketing telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan lebih populer daripada traditional marketing karena berbagai keunggulannya, salah satunya adalah biaya yang akan dikeluarkan. Akan tetapi, setiap pelaku usaha memiliki pola pikir yang berbeda dan menggunakan kedua strategi tersebut untuk mengembangkan hubungan yang kuat antara calon pelanggan, prospek, dan pelanggan.
Baik digital marketing atau traditional marketing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung strategi apa yang tepat dan sesuai untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin melakukan pemasaran yang dapat berinteraksi langsung dengan calon konsumen, Anda dapat menggunakan strategi digital marketing. Sedangkan jika target pasar Anda adalah orang-orang yang tidak berinteraksi langsung dengan media digital, Anda dapat menggunakan strategi traditional marketing. Pertimbangkan setiap faktor yang memungkinkan Anda untuk menentukan teknik marketing yang tepat yang akan Anda pilih.
Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat. Jika Anda ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai Jasa Iklan Online Jakarta, Anda dapat menghubungi 081294795042.
Komentar
Posting Komentar