Fantastik! Inilah Tips Mendapatkan Customer Dengan Referral Marketing

 

Referral marketing ini merupakan suatu strategi yang sesuai bagi anda yang ingin mendapatkan konsumen baru serta ingin meningkatkan customer retention. Anda dapat menerapkan beberapa tips dari yang sudah disebutkan di atas untuk kesuksesan bisnis ada. Untuk info lebih lanjut terkait dengan digital agency Jakarta anda dapat menghubungi 081294795042. 

Marketing merupakan suatu kegiatan yang penting dalam suatu perusahaan. Marketing ini berguna untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen sehingga dapat berdampak terhadap maju mundurnya sebuah perusahaan. Banyak perusahaan memiliki teknik marketing yang berbeda seusai dengan bisnis yang dijalaninya. Teknik marketing yang paling efektif yaitu dengan melalui sosial media seperti facebook, twitter, youtube, Instagram, tiktok, serta sosial media lainnya yang dapat dilakukan melalui digital agency Jakarta untuk mendapatkan hasil marketing yang maksimal. Salah satu Teknik marketing yang ingin dibahas kali ini adalah Referral Marketing.

 

Referral marketing ini merupakan suatu strategi pemasaran terbaik karena dapat mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan lainnya melalui rekomendasi produk yang dilakukan kepada lingkungannya. Dengan menggunakan Teknik marketing terkait dengan digital agency Jakarta ini dapat menghasilkan 3-5 kali lipat conversion rate serta dapat meningkatkan customer retention yang tentu saja sangat berpengaruh dalam kemajuan bisnis anda. Referral marketing ini dapat berguna untuk meningkatkan penjualan, mendapatkan customer loyalty, mengumpulkan leads tanpa memerlukan hard selling, serta dapat menciptakan siklus promosi otomatis sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. 

 

Berikut ini beberapa jenis Referral Marketing yang dapat anda coba:

 

One Way Incentives

One Way Incentives ini merupakan suatu sistem pemberian reward yang digunakan untuk setiap aktivitas promosi produk baik itu kepada pemberi referral maupun penerima referral. Untuk penerima referral, biasanya akan ad hadiah bagi konsumen yang membeli produk dengan melalui program referral. Sedangkan bagi pemberi referral cara kerjanya yaitu ketika terdapat user yang baru bergabung melalui suatu link yang sudah ditentukan, maka pemberi referral akan mendapat reward. Contoh aplikasi. Yang menerapkan jenis ini adalah Traveloka. 

 

 

Two Way Incentives

Two Way Incentives ini merupakan suatu sistem yang dapat memberikan reward bagi referrer dan referred, dan biasanya disebut sebagai win-win solution. Contoh yang menggunakan strategi ini adalah aplikasi Bibit. Jadi, dengan membagikan suatu kode bagi pengguna baru dan pemilik kode akan mendapatkan saldo sesuai dengan yang disebutkan. 

Milestone Reward

Milestone Reward merupakan suatu jenis referral marketing yang menerapkan target pencapaian tertentu dan cara kerjanya dengan cara mendorong referrer untuk membagikan rekomendasi secara berkala agar dapat mencapai level tertentu sehingga mendapatkan reward. Contohnya adalah Shopee yang menawarkan hadiah bertahap kepada customernya seiring dengan berjalannya waktu. 

Leaderboard Reward

Dalam Leaderboard Reward ini menawarkan reward dengan menurut peringkat. Cara kerjanya adalah referrer akan melakukan aktivitas referral tertentu, lalu mendapatkan poin yang akan dihitung menjadi sebuah ranking. Dapat dilihat di gambar ini yang merupakan contoh dari leaderboard yang dilakukan oleh Skill Academy yang merupakan sebuah platform khusus online dan menyediakan reward bagi 5 peringkat teratas terkait dengan referrer.

Cara menerapkan referral marketing ini terbagi menjadi beberapa macam seperti mengadakan giveaway agar brand semakin dikenal oleh banyak orang, menerapkan email referral agar mendapatkan jumlah leads yang lebih banyak dan dapat memanfaatkan leads untuk kegiatan promosi lainnya, mengadakan gamify referral dengan cara mengajak konsumen untuk mempromosikan produk dengan cara menyediakan hadiah yang berbeda untuk setiap level, menawarkan upgrade produk secara gratis agar pelanggan lebih tertarik kepada produknya, mengadakan referral contest dengan memberikan reward agar semakin banyak orang yang tertarik untuk berpartisipasi, serta mengadakan donation referral dimana hadiah tersebut akan diberikan kepada orang yang membutuhkan. 

Agar referral marketing berhasil dilakukan, anda harus dapat memaksimalkan hal tersebut dengan beberapa tips yang ada seperti:

a.Mempromosikan Referral

Proses referral tidak akan berjalan dengan sesuai jika tidak disertai dengan promosi. Oleh karena itu, anda harus dapat menggunakan channel dan jaringan yang anda miliki untuk mempromosikannya.

b.Buatlah Program Referral Sederhana

Buatlah proses yang mudah agar program dapat berjalan dengan efektif. Contohnya, siapkan link atau kode khusus bagi setiap pelanggan sehingga mudah dibagikan kepada orang lain melalui sosial media.

c.Manfaatkan Momentum

Hal ini dilakukan dengan cara memanfaatkan event tahunan contohnya jika bisnis bergerak di bidang fashion, maka dapat memanfaatkan momen seperti hari lebaran, natal, dan sebagainya.

d.Melakukan kolaborasi dengan Influencer 

Berkolaborasi dengan influencer untuk mempromosikan suatu produk dapat meningkatkan penjualan karena semakin banyak orang yang mengetahui produk anda. Influencer yang dipilih pun harus sesuai dengan produk dan branding yang kita inginkan agar hasilnya dapat sesuai. Selain itu, juga dapat memilih influencer yang akan dijadikan Brand Ambassador akan semakin meningkatkan penjualan produk anda.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayo Kenali Model Bisnis D2C yang Membantu Meningkatkan Profit Bisnis

Website Harus SEO Friendly?