Jasa Iklan Google Jakarta - Sebelum Membuat Caption, Perhatikan Dua Hal Berikut Ini!

Jasa Iklan Google Jakarta - Caption adalah sebuah deskripsi singkat yang harus bisa menjelaskan postingan di sosial media. Meskipun singkat, pesan ini harus bisa menyampaikan apa saja yang ada pada gambar atau postingan sosial media Anda. Pada artikel ini Jasa Iklan Google Jakarta akan menyampaikan tentang dua hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat caption.

Jasa Iklan Google Jakarta


Pertama adalah tunjukkan branding bisnis perusahaan dan jadilah diri sendiri. Sebelum melakukan pemilihan kata dalam caption, lakukan perencanaan segmentasi pasar sesuai kepribadian personal dari individu maupun perusahaan agar berhasil melakukan branding yang menarik dan komersil serta tepat sasaran. Salah satunya adalah menggunakan sapaan khas untuk menciptakan first impression yang menarik.

Rencana awal branding bisnis dengan karakter lucu dan santai memerlukan caption konten yang menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan, populer, tetapi tetap sopan (agar mengurangi ketersinggungan akan perbedaan kultur bahasa populer). Ketika karakter serius dan berwibawa sebagai branding bisnis tersebut, maka seyogyanya gunakan caption dengan bahasa yang formal, ringkas dan jelas, serta ada kesan elegan.

Kalau brand perusahaan adalah produk food & beverage kekinian, maka dalam caption terdapat penjelasan singkat dan menarik produk tersebut, promo terbaru, penggunaan bahasa yang santai, serta ada emoji yang sifatnya gembira. Mengenai sapaan dalam caption bisa menggunakan bro, sis, kamu, gengs, sahabat, dan sejenisnya.

Semisal brand perusahaan adalah jam tangan khusus pria, maka dalam caption tersebut, selain spesifikasi produk, juga terdapat topik atau kata-kata yang berkaitan dengan efisiensi, adaptif, kekuatan, dunia kerja, olahraga, dan sejenisnya. Branding seperti ini biasanya menggunakan sapaan anda sebagai first impression-nya. Meski punya keinginan untuk menciptakan brand semenarik mungkin dan meraih audiens sebanyak mungkin, namun tetaplah menjadi diri sendiri atau menjaga personalitas awal brand itu sendiri. Hindari publikasi postingan dengan penjiplakan caption bahkan penggunaan foto brand pesaing.

Kemudian yang kedua, penulisan caption jangan terlalu panjang dan jangan sampai ada salah ketik atau typo. Menurut Jasa Iklan Google Jakarta Menulis caption harus tertera informasi yang penting atau cerita yang menarik dengan kalimat efektif yang membuat audiens paham. Pastikan narasi dalam caption tersebut mampu menarik minat hingga mengena bagi followers untuk membaca teks yang panjang. Tipsnya adalah memanfaatkan kalimat pertama sebagai penekanan pesan atau maksud caption tersebut.

Penulisan caption yang menggabungkan teks, emoji, dan hashtag sebaiknya terdiri dari minimal 2.200 karakter. Ikuti saran dari Fohr (platform ahli pemasaran Instagram influencer, salah satu relasi Later.com) sebanyak minimal tujuh puluh kata (tidak termasuk hashtag dan emoji) Selain itu, penting juga untuk meminimalisir adanya kesalahan penulisan kata dalam caption (atau istilah kerennya “typo”). Tujuannya jelas, mencegah timbulnya mispersepsi hingga pro dan kontra suatu postingan, terlebih berkaitan dengan nama tempat atau informasi kejadian, bagi follower hingga non-follower akun. Biasakan sebelum posting konten dan caption untuk membaca ulang dengan teliti dan perbaiki segera apabila ada yang keliru.

Demikian, ulasan yang dapat Jasa Iklan Google Jakarta sampaikan pada artikel ini, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

Yuk Ketahui Jenis Iklan Google Ads

Yuk Ketahui Alasan Mengapa Website Kamu Harus SEO Friendly